Rabu, 01 Mei 2013

PENGERTIAN ETIKA


Pengertian Etika
           Kita sebagai seorang manusia tidak akan bias hidup sendiri tanpa adanya manusia lain disekitar kita. Manusia harus bias berinteraksi dengan manusia lain, banyangkan jika tidak ada etika di dalam kehidupan? Mau seperti apa kita memperlakukan orang tua kita, guru, teman, adik, dan tetangga. Tujuan dipelajarinya suatu etika adalah untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu. Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmuvyang objek dari etikanya adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi  etika berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif

Pengertian Profesi
Pekerjaan tidak sama dengan profesi. Istilah yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam adalah: sebuah profesi sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan, namun sebuah pekerjaan belum tentu menjadi sebuah profesi. Profesi memiliki mekanisme serta aturan yang harus  dipenuhi sebagai suatu ketentuan, sedangkan kebalikannya, pekerjaan tidak memiliki aturan yang rumit seperti itu. Hal inilah yang harus diluruskan di masyarakat, karena hampir semua orang menganggap bahwa pekerjaan dan profesi adalah sama.



Ciri Khas Profesi
Dalam artikel dalam International Encyclopedia of education, terdapat 10 ciri khas suatu profesi dikemukakan yaitu :
  1. Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas.
  2. Suatu teknik intelektual.
  3. Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis.
  4. Suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi.
  5. Beberapa standar dan pernyataan tentang etika yang dapat diselenggarakan.
  6. Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri.
  7. Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas komunikasi yang tinggi antar anggotanya.
  8. Pengakuan sebagai profesi.


Untuk lebih memahami tentang pengertian etika, profesi, dan ciri khas profesi itu sendiri bisa dibaca melalui tulisan yang saya URL kan dibawah ini :

http://www.4shared.com/office/L5ytpXTE/sofskill_1__1.html

1 komentar:

  1. trims kak tas ilmunya,,
    memang harus di utamakan itu juga kak :)
    salam kenal yea kak :)
    salam sukses juga ni :)

    BalasHapus