Rabu, 01 Mei 2013

IT FORENSICS


IT Audit Trail
    Audit IT yang lebih dikenal dengan istilah EDP (Electronic Data Processing)Auditing ini adalah suatu proses kontrol pengujian terhadap infrastruktur teknologi informasi dimana berhubungan dengan masalah audit finansial dan audit internal, biasanya digunakan untuk menguraikan dua jenis aktifitas yang berkaitan dengan komputer. Auditing melalui computer adalah suatu aktivitas proses penelahan dan evaluasi pengendalian-pengendalian internal dalam EDP, menjelaskan pemanfaatan komputer oleh auditor untuk melaksanakan beberapa pekerjaan audit yang tidak dapat dilakukan secara manual.
    Audit IT merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu, antara lain Traditional Audit, Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Behavioral Science. Audit IT bertujuan untuk meninjau dan mengevaluasi faktor-faktor ketersediaan (availability), kerahasiaan (confidentiality), dan keutuhan (integrity) dari sistem informasi organisasi.


Real Time Audit
    Real Timer Audit atau RTA adalah suatu sistem untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan, dimana pun mereka berada. Ini mengkombinasikan prosedur sederhana dan logis untuk merencanakan dan melakukan dana untuk kegiatan dan "Siklus Proyek" pendekatan untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung dan penilaian termasuk cara mencegah pengeluaran yang tidak sesuai. 


IT Forensics
       IT forensics dapat didefinisi secara sederhana, yaitu penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal. Tujuan IT Forensics adalah untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital.
      
         Bagi anda yang penggemar nonton film tidak salahnya anda mencoba untuk menonton film korea yang berjudul  GHOST , film ini berceritakan tentang suatu badan keamanan disana yang menggunakan pemecahan kasus menggunakan IT forensics.


Untuk lebih jelasnya pembahasan tentang IT Forensics ini bisa dilihat di tulisan yang berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar