Selasa, 08 Januari 2013

Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.  Dalam suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi.

Faktor – faktor yang perlu mendapat pertimbangan untuk pemilihan topologi adalah sebagai berikut :
1.    Biaya, Sistem apa yang paling efisien yang dibutuhkan dalam organisasi.
2.    Kecepatan, Sampai sejauh mana kecepatan yang dibutuhkan dalam sistem.
3.  Lingkungan, Misalnya listrik atau faktor – faktor lingkungan yang lain, yang berpengaruh pada jenis perangkat keras yang digunakan.
4.    Ukuran, Sampai seberapa besar ukuran jaringan. Apakah jaringan memerlukan file server atau sejumlah server khusus.
5.    Konektivitas, Apakah pemakai yang lain yang menggunakan komputer laptop perlu mengakses jaringan dari berbagai lokasi.

Jenis-jenis Topologi Jaringan :
1.    BUS
Dengan topologi ini komputer dihubungkan secara berantai (daisy-chain). Pada topologi ini suatu kabel digunakan sebagai perangkat koneksi. Umumnya berupa kabel koaksial. Ujung-ujung dari kabel koaksial ini harus ditutup dengan tahanan untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang mengakibatkan kemacetan jaringan.
Karakteristik :
a.   Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel.  Kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.
b.    Sangat sederhana dalam instalasi dan sangat ekonomis dalam biaya.
c.    Paket-paket data saling bersimpangan pada suatu kabel
d.    Tidak diperlukan hub, yang banyak diperlukan adalah connector pada setiap ethernet card contoh Lan Card.
e.  Jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat down, sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.

2.    START
Topologi starmenggunakan sebuahhub/switch. Semuakomputer dihubungka ke switch/hub tersebut. Dalam sebuah jaringan, hub/switch ini berfungsi untuk menerima sinyalsinyal dari komputer dan meneruskan ke semua.
Karakteristik :
a.    Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB).
b.    Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB)
c. Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
d.    Sangat mudah dikembangkan
e.    Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.
f.     Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.

3.    RING
Topologiini mirip dengan topologi BUS. Hanya saja, ujungujungnya saling berhubungan sehingga seakan-akan membentuk sebuah lingkaran.
Karakteristik
a.   Node - node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.
b.    Sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus.
c.  Paket - paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collision dapat dihindarkan.
d.    Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu: jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
e.    Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel UTP atau Patch Cable

4.    MESH
Jaringan dengan topologi MESH mempunyai jalur ganda pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan computer. Semakin banyak computer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya.
Karakteristik
a.  Topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan – peralatan yang ada.
b. Susunannya pada setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
c.  Jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.

5.    TREE
Topologi TREE adalah topologi gabungan antara topologi STAR dan topologi BUS. Topologi ini yang paling banyak dipakai pada jaringan kantor atau jaringan yang sifatnya yang lebih besar dengan banyak komputer. Komputer-komputer dihubungkan ke hub/switch sementara hub/switch tersebut kemudian dihubungkan dengan hub/switch yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar