Selasa, 08 Januari 2013

Media Transmisi


1.     Media Terarah (Guided Transmission Data)
Suatu media yang digunakan untuk mengirimkan data, dimana arah ujung yang satu dengan ujung yang lainnya sudah jelas, contoh : kabel.
a.    Coaxial

Kabel data yang menggunakan material tembaga dimana terdapat 2 bagian yaitu, kabel inti ditengah dan kabel serabut disisi samping dengan dipisahkan oleh suatu isolator.



b.  Twisted Pair
Kabel berpilin (Twisted Pair), menggunakan kabel berpasangan dimana tujuannya untuk menghilangkan efek crosstalk. Banyak digunakan untuk jaringan LAN, dikarenakan mampu mengirimkan bandwidth dengan jumlah yang besar. Kabel ini menggunakan konektor seri Registered Jack (RJ), dan tergantung dari jenis kategorinya.
 Jenis kabel berpilin menurut pelindungnya dibagi menjadi , Unshielded Twisted Pair (UTP), Shielded Twisted Pair (STP),  Screened Shielded Twisted Pair (S/STP), Screened Unshielded Twisted Pair (S/UTP) / Foiled Twisted Pair (FTP).




c.  Fiber Optic
Jenis kabel yang satu ini tidak menggunakan tembaga (cooper), melainkan serat optik. Dimana sinyal yang dialirkan berupa berkas cahaya. Mampu mengirimkan bandwidth lebih banyak. Banyak digunakan untuk komunikasi antar Backbone, LAN dengan kecepatan tinggi.



2.     Media Tidak Terarah (Un-Guided Transmission Data)
Suatu media yang digunakan untuk mengirimkan data, dimana arah ujung yang satu dengan ujung yang lainnya tersebar, contoh : nirkabel (wireless).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar