Rabu, 17 Oktober 2012

Perkembangan Akan Middleware

Pada Posting sebelumnya, menjelaskan tentang pengertian middleware. Mari kita rewiew, Middleware adalah software yang di rancang untuk mendukung pengembangan sistem tersebar dengan memungkinkan aplikasi yang sebelumnya terisolasi untuk saling berhubungan. Dengan bantuan middleware, data yang sama dapat digunakan oleh bagian-bagian lain, misalnya jika pada kantor data dapat digunakan oleh bagian customer service, akuntansi, pengembangan, dan manajemen sesuai kebutuhan. Kali ini akan memaparkan perkembangan middleware.

Middleware jarang dikenali karena posisinya yang 'transparan' dalam sebuah sistem, yang membuat orang dapat lebih melihat keseluruhan sistem itu sendiri, tanpa harus perduli dengan aliran data yang dibungkus oleh sistem middleware. Pada masa awal, middleware masih terbatas pada fungsi file transfer sederhana dan teknologi batch processing.

Pada akhir 1980-an, penggunaan RPC (Remote Procedure Call) menjadi trend dalam komunikasi baik antar program dalam mesin yang sama maupun antar mesin. Perkembangan selanjutnya antara lain berupa middleware berorientasi message yang mendukung antrian pesan (message queuing), dan dengan menggunakan model publish-subscribe, push, bahkan distributed object untuk real-time enterprise.

Perkembangan akan middleware terus ditingkatkan, dan akhirnya sampai pada saat ini, hampir seluruh aplikasi terdistribusi dibangun dengan menggunakan middleware. Menurut IDC, sepanjang 2003, kebutuhan terhadap teknologi middleware akan naik di berbagai segmen. Middleware tersedia untuk berbagai platform, dengan berbagai jenis. Jenis middleware yang umum dikembangkan saat ini dapat dikelompokkan dalam lima kategori besar, yaitu homegrown, yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan internal organisasi, model RPC/ORB (Remote Procedure Call/Object Request Broker), Pub/Sub (Publication/Subscription), Message Queuing, dan TP (Transaction Processing) Monitor.

Prediksi Middleware dimasa yang akan datang menurut IDC, perkembangan segmen middleware terbesar akan terjadi dalam alat yang membantu sistem manajemen bisnis, terjadi untuk memenuhi permintaan akan integrasi aplikasi yang lebih baik.

SUMBER : Middleware dan Linux oleh: Andi Saptono & Sonny Leman – SP Associates

Tidak ada komentar:

Posting Komentar