Selasa, 08 Januari 2013

FIREWALL


Firewall adalah adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.
Firewall digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda.

      Firewall memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, diantaranya adalah :
  1.       Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan.
  2.       Melakukan autentikasi terhadap akses.
  3.       Melindungi sumber daya dalam jaringan privat.
  4.       Memonitoring data yang keluar masuk ke komputer.
  5.       Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator.


Ada beberapa tipe dasar atau fungsi yang dikerjakan oleh firewall :
Packet Filtering. Dalam fungsi ini, firewall akan melihat setiap paket yang memasuki atau meninggalkan jaringan dan menerima atau menolak sesuai peraturan yang dibuat oleh sang pemakai. Packet filters diterapkan di dalam firewall untuk mencegah lalu lintas data yang mencurigakan yang hendak menuju jaringan tujuan. Sebagai sebuah router, firewall akan melindungi semua mesin pada jaringan tujuan dari lalu lintas yang mencurigakan. Packet filtering biasanya efektif dan transparan bagi pengguna tetapi sulit untuk di ubah-ubah.

Network Address Translation ( NAT ) : Dengan fungsi ini, kita mampu menggunakan sebuah IP adrress publik yang terdiri dari banyak bagian melewati seluruh jaringan, sang pemakai yang dilindungi di belakang firewall umumnya memiliki alamat-alamat di dalam "susunan alamat-alamat pribadi" dan menyembunyikan alamat asli dari pemakai yang dilindungi. Salah satu keuntungan dari menyembunyikan alamat untuk peralatan yang dilindungi menjadi begitu penting karena mampu mempertahankan diri melawan pengintaian terhadap jaringan, dengan mengganti semua alamat internal pemakai dengan alamat publik yang disediakan oleh firewall.

Application Layer Proxy Services. Sebuah layanan dari sebuah lapisan aplikasi protocol tertentu seperti HTTP atau SMTP yang membuat koneksi ke internet yang dipakai umum untuk kepentingan pribadi klien. Dengan layanan ini, para pengguna proxy mengerti protokol khusus yang digunakan. Jadi, mereka mampu mendeteksi atau memblokir aliran data yang merusak atau rusak. Dengan lapisan aplikasi proxiy, membuat kita dapat memutuskan koneksi dari lapisan jaringan melalui firewall yang kita pakai dan membatasi lalu lintas hanya untuk protocol level tinggi seperti HTTO, FTP dan SMTP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar