Minggu, 17 Maret 2013

Akankah itu PHP ?


Pada saat kuliah ini, saya telah memelajari banyak bahasa pemrogrman. Diantaranya adalah seperti BASIC, COBOL, Pascal, C, Visual Basic dan Java. Akan tetapi kesemua pemrograman diatas hanya saya kuasai sebatas pembelajaran dan tidak sempat saya eksplor terlalu jauh, hal tersebut membuat saya tidak begitu mahir disemua pemrograman tersebut. 
Dari pembelajaran dan beberapa tugas yang saya kerjakan, jika menjawab pemograman apa yang saya kuasai mungkin itu adalah PHP. PHP yang saya kuasai saya dapatkan dari pembelajaran saya sendiri ketika saya membuat suatu Penulisan Ilmiah yaitu Pembuatan dan Perancangan Website File Manager. Mungkin karna suatu keharusan menyelesaikan tugas memberikan saya kefocusan khusus pada pemrograman PHP ini.

Jumat, 08 Maret 2013

Harapan dari Mempelajari Sistem Informasi Geografis


Setelah saya membaca ulasan artikel tentang Sistem Informasi Geografi dan jurnal-jurnal yang bertebaran di dunia maya memberikan suatu ketertarikan kepada saya pribadi untuk lebih dalam mengenal matakuliah ini.
Harapan saya dari mempelajari Sistem Informasi Geografis ini adalah agar saya bisa mengkombinasikan ilmu yang saya dapatkan dari matakuliah ini yaitu Sistem Informasi Geografis, beserta Sistem informasi tertentu kedalam aplikasi yang nantinya mungkin  saya buat. Akan tetapi sebelum saya mengkombinasikannya, ada PR terberat yaitu perlu menekuni ilmu geografi terlebih dahulu, karna menurut beberapa artikel di blog yang saya kunjungi memaparkan bahwa Tools yang akan dimasukkan dalam system informasi geografi sangat banyak, seperti Spatial Analysis, Data Management,  Mapping and Visualization, Geo Coding, Map Projections, Advanced Imagery dan masih banyak lagi.

Kamis, 07 Maret 2013

Sistem Informasi yg pernah dibuat


Artikel Ini dibuat untuk menjawab pertanyaan nomer tiga dari dosen Sistem Informasi Geografis adapun pertanyaanya adalah "Sistem informasi apa saja yang pernah Anda buat (baik aplikasi berbasis Web, dekstop, mobile, dsb)" pada artikel ini akan saya sebutkan beberapa sistem informasi non-mobile yang pernah saya ataupun saya beserta tim saat diperkuliahan. Pada Sistem Informasi berbasis web ini kebanyakan diantaranya adalah sistem informasi penjualan yang tentunya melakukan tahapan analisis dan perancangan. Di web ini terdapat sistem penjualan tiket dimana user mengisi data - data yang dibutuhkan lalu memilih kelas mana dan cara pembayaran setelah itu pembeli mentransfer hingga batas waktu yang ditetapkan dan user akan menerima bukti pembelian untuk di print sebagai tiket konser nanti.
Ø  Analisa dan perancangan Sistem Informasi pengadaan barang dan penjualan di salah satu toko yang menjual komputer (Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dipostingan sebelumnya)

Ø  Analisa dan perancangan Sistem Informasi Website File Manager.

Ø  Analisa Sistem Informasi penjualan suatu website local, dimana kita diminta untuk meninjau Lima Atribut/Komponen Penunjang yang kurang pada website tersebut. Salah satu diantaranya yaitu:
  1.      Ketika kita membuka website terdapat konten iklan tentang diskon produk  website tersebut yang semestinya sudah berakhir atau tidak berlaku lagi. Hal itu tentu saja akan mengganggu pelanggan.
  2.     Terdapat iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di website yang mengganggu dan menutup sebagian informasi yang seharusnya dibutuhkan oleh pelanggan.
  3.    Pada Isi Textual,  informasi penting tentang informasi lokasi toko, dan layanan konsumen. Tulisannya terlalu kecil, pahahal ruang masih bisa memungkinkan untuk memperbesar tulisan.
  4.      Pada menu “Cara Pembelian” ,”Pengiriman”, “Order Preorder”, dan “About” yang isinya terdiri dari tulisan saja, tidak dibuatkan  highlights untuk menyoroti teks atau paragraph yang dibaca atau yang terpilih.
  5.      Pada Navigasinya, setiap membuka halaman menu di web ini judul tab masih tetap sama dengan halaman utama. Hal ini dapat membingungkan user yang ingin pindah tab pada browser karena page title yang terlihat samaTidak ada perbedaan kontras yang menunjukkan perbedaan ditiap-tiap menu website bahwa lokasi pemakai sedang  ada pada Home dan produk baru baju batik.


Sekilas tentang Sistem Informasi


Artikel ini dibuat guna untuk melengkapi tugas Sistem Informasi Geografi.  Untuk mereview kembali penetahuan yang telah di dapatkan di perkuliahan saya di jurusan Sistem Informasi ini.
Sekilas tentang Sistem Informasi, Apa sistem informasi itu sendiri? Sistem Informasi terdiri dari 2 kata, yaitu Sistem dan Informasi. Jika kita artikan satu-persatu, Sistem adalah kumpulan dari beberapa elemen yang saling bekerjasama untuk melaksanakan dan mewujudkan tujuan tertentu. Sedangkan pengertian Informasi adalah suatu data atau fakta yg telah diolah dan dibutuhkan oleh user tententu. Maka jika ditarik kesimpulan sederhana, Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian atau kesatuan elemen – elemen yang saling terhubung untuk memberikan sebuah data yang berguna ( Informasi ) untuk mencapai tujuan tertentu.
Sistem Informasi, suatu system terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Dalam system informasi ini biasanya terdapat proses bisnis yang berjalan untuk membantu sebuah perusahan atau pengguna yang lain. Cakupan dari SI sangatlah luas, tidak hanya pada perusahaan, adapun yang telah didapatkan dari kampus yaitu : Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi,Sistem Informasi Asuransi, Sistem Informasi Geografis dan masih banyak lagi diluar sana seperti Sistem Informasi kesehatan, Sistem Informasi bisnis, Sistem Informasi Keuangan dll. Karena banyaknya percabangan inilah yang membuat Sistem Informasi menjadi kuat karena bisa berbaur dengan semua lapisan dan memberikan harapan peluang pekerjaan yang besar. 

Selasa, 15 Januari 2013

Flowchart dan Kamus Data Sistem yang Diusulkan

Flowchart Sistem yang Diusulkan


Kamus Data yang Diusulkan
Arus Alir Data      : Purchase Order
Arus                      : PO
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang
Penjelasan             : Permintaan barang dari pelanggan
Periode                  : Terjadi setiap kali ada permintaan barang dari pelanggan

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Barang
Arus                      : SPB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 – Pembelian stok
                                Proses 3.1 – Transaksi Penjualan
Penjelasan             : Permintaan barang dari pelanggan yang sudah ada stok nya
Periode                  : Terjadi setiap kali Purchase Order diterima oleh karyawan
                                gudang dan stoknya tersedia.

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Stok Barang
Arus                      : SPSB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok
Penjelasan             : Permintaan barang dari karyawan gudang ketika stok barang
                                 habis
Periode                  : Terjadi ketika stok barang habis.

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Stok Barang finish
Arus                      : SPSBf
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok
                                Proses 4.2 – Pembuatan laporan
Penjelasan             : Surat pengiriman barang dari pemasok
Periode                  : Terjadi ketika SPSB diterima oleh pemasok

Arus Alir Data      : Nota Pembelian
Arus                      : NP
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.2 – Pembelian stok
Penjelasan             : Nota yang dikirimkan oleh pemasok, yang akan dikirimkan ke
                                akuntan
Periode                  : Terjadi ketika SPSBf dibuat oleh pemasok

Arus Alir Data      : Data Transaksi Penjualan
Arus                      : DTP
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 1.3 Entry data penjualan, Proses 3.3 Entry Data
                                Transaksi, Proses 4.2 Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Karyawan penjualan memasukan data transaksi penjualan
Periode                  : Terjadi ketika pelanggan selesai membeli barang

Arus Alir Data      : Data Stok Barang
Arus                      : DSB
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok,
                                Proses 1.3 Entry data penjualan, Proses 3.2 Pengambilan
                                barang          
Penjelasan             : Data tentang stok barang
Periode                  : Ketika karyawan penjualan / gudang mengecek barang atau
                                karyawan penjualan menginput data transaksi penjualan



Arus Alir Data      : Purchase Order finish
Arus                      : POf
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 3.1 – Transaksi Penjualan
Penjelasan             : Transaksi Penjualan yang sudah disetujui oleh pembeli
Periode                  : Ketika transaksi penjualan sudah disetujui oleh pembeli

Arus Alir Data      : Nota Penjualan
Arus                      : NPen
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 3.1 – Pengambilan barang
Penjelasan             : Permintaan barang dari karyawan gudang ketika stok barang
                                 habis
Periode                  : Terjadi ketika stok barang habis

Arus Alir Data      : Data Tanggal
Arus                      : DT
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 4.1 – Pembuatan Laporan Stok Barang,
                                Proses 4.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Menginput data tanggal
Periode                  : Terjadi ketika membuat laporan-laporan

Arus Alir Data      : Laporan Keuangan
Arus                      : LK
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 4.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Laporan Keuangan terdiri dari Laporan Rugi Laba, Jurnal, dll
Periode                  : Ketika pemimpin dan manager meminta laporan

Arus Alir Data      : Laporan Stok Barang
Arus                      : LSB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 4.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Laporan Stok Barang dan harga
Periode                  : Ketika manager meminta laporan


PERENCANAAN SISTEM YANG DIUSULKAN


Diagram Konteks yang Diusulkan
Pada tahap ini akan dilakukan pembuatan model sistem informasi secara umum atau menyeluruh, diagram konteks bertujuan untuk memberikan gambaran kepada sistem analisis pembutan program mengenai input kedalam proses dan apa yang dihasilkan output. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Diagram konteks Sistem yang Diusulkan



Data Flow Diagram yang Diusulkan
Data Flow Diagram (DFD) Merupakan diagram yang menggambarkan arus data pada sistem yang akan dibangun dengan mengikutsertakan komponen-komponen atau entitas-entitas yang terkait, media penyimpanan (storage), proses-proses sistem maupun simbol panah yang menunjukan hubungan arus data dari proses ke entitas yang terkait.
Berikut ini adalah Data Flow Diagram yang diusulkan mulai dari Level 0 sampai Level 1 Proses 4 :

DFD level 0 Sistem yang Diusulkan







Kamus Data Sistem yang sedang Berjalan

Flowchart Sistem yang sedang Berjalan

Dari analisis sistem yang berjalan yang telah penulis lakukan, penulis menyimpulkan bahwa dibutuhkan suatu database untuk menyimpan data-data pada system pembelian,penjualan dan persediaan perusahaan. Berikut adalah kamus data yang diperlukan.
Kamus data merupakan kumpulan data yang digunakan serta dihasilkan oleh perangkat lunak. Berikut daftar yang digunakan dan dihasilkan oleh perangkat lunak pengelolaan data pembelian dan penjualan barang:
Arus Alir Data      : Purchase Order
Arus                      : PO
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang
Penjelasan             : Permintaan barang dari pelanggan
Periode                  : Terjadi setiap kali ada permintaan barang dari pelanggan

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Barang
Arus                      : SPB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 – Pembelian stok
                                Proses 2.1 – Transaksi Penjualan
Penjelasan             : Permintaan barang dari pelanggan yang sudah ada stok nya
Periode                  : Terjadi setiap kali Purchase Order diterima oleh karyawan
                                gudang dan stoknya tersedia.

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Stok Barang
Arus                      : SPSB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok
Penjelasan             : Permintaan barang dari karyawan gudang ketika stok barang
                                 habis
Periode                  : Terjadi ketika stok barang habis.

Arus Alir Data      : Surat Permintaan Stok Barang finish
Arus                      : SPSBf
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok
                                Proses 3.2 – Pembuatan laporan
Penjelasan             : Surat pengiriman barang dari pemasok
Periode                  : Terjadi ketika SPSB diterima oleh pemasok

Arus Alir Data      : Nota Pembelian
Arus                      : NP
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 1.2 – Pembelian stok
Penjelasan             : Nota yang dikirimkan oleh pemasok, yang akan dikirimkan ke
                                akuntan
Periode                  : Terjadi ketika SPSBf dibuat oleh pemasok

Arus Alir Data      : Data Transaksi Penjualan
Arus                      : DTP
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 1.3 Entry data penjualan, Proses 2.3 Entry Data
                                Transaksi, Proses 3.2 Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Karyawan penjualan memasukan data transaksi penjualan
Periode                  : Terjadi ketika pelanggan selesai membeli barang

Arus Alir Data      : Data Stok Barang
Arus                      : DSB
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 1.1 - Pengecekan barang, Proses 1.2 Pembelian stok,
                                Proses 1.3 Entry data penjualan, Proses 2.2 Pengambilan
                                barang          
Penjelasan             : Data tentang stok barang
Periode                  : Ketika karyawan penjualan / gudang mengecek barang atau
                                karyawan penjualan menginput data transaksi penjualan

Arus Alir Data      : Purchase Order finish
Arus                      : POf
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 2.1 – Transaksi Penjualan
Penjelasan             : Transaksi Penjualan yang sudah disetujui oleh pembeli
Periode                  : Ketika transaksi penjualan sudah disetujui oleh pembeli

Arus Alir Data      : Nota Penjualan
Arus                      : NPen
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 2.1 – Pengambilan barang
Penjelasan             : Permintaan barang dari karyawan gudang ketika stok barang
                                 habis
Periode                  : Terjadi ketika stok barang habis

Arus Alir Data      : Data Tanggal
Arus                      : DT
Bentuk Data          : Data
Arus Data              : Proses 3.1 – Pembuatan Laporan Stok Barang,
                                Proses 3.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Menginput data tanggal
Periode                  : Terjadi ketika membuat laporan-laporan

Arus Alir Data      : Laporan Keuangan
Arus                      : LK
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data              : Proses 3.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan             : Laporan Keuangan terdiri dari Laporan Rugi Laba, Jurnal, dll
Periode                  : Ketika pemimpin dan manager meminta laporan

Arus Alir Data      : Laporan Stok Barang
Arus                      : LSB
Bentuk Data          : Dokumen
Arus Data  : Proses 3.2 – Pembuatan Laporan
Penjelasan : Laporan Stok Barang dan harga
Periode                  : Ketika manager meminta laporan